The words. The thoughts. The journal.

May 16, 2016

Senja di Langit Ceko ( Blog Tour & Giveaway )



Judul Buku : Senja di Langit Ceko
Penulis : Kirana Kejora
Penerbit : Dua Media
Jumlah Halaman : vi + 290
ISBN : 978-602-72707-1-8
Cover : ANS
Layout : Rio Maykha
Editor : Agus Mutaram
Harga : Rp 65.000,- (kalau mau hemat, ikutan giveaway ini aja)
Genre : Novel, romansa (berdasarkan kisah nyata)
Sinopsis :

Butuh kekuatan besar untuk bisa mengaku salah dan kalah!
Senja, tidak ada jawaban yang mudah...”

Praha terpilih sebagai saksi cinta. Di tengah bulan madu penuh keelokan
cinta lllahi, mendadak tertoreh elegi yang sangat melukai. Senja terpuruk
dalam kubangan luka. Hanya Sam, lelaki setia, yang memahami kepedihan
lara wanita pemuja romantisme itu. Sam yang bernama lengkap Garuda
Samudera tak dikira menjadi malaikat penyelamatnya.

“Kamu Iaksana hujan yang datang menyirami keringnya hati.
Namun kamu juga Iaksana api yang menyulut tubuh, melukai...”
***

“Senja, selama mata kita diberi kesempatan untuk memandang, gunakan dengan baik, untuk menangkap kebenaran. Demikian dengan telinga, bibir, dan hati, karena kita tak pernah tahu batasan waktu kita di bumi.”

                Saya hanya pernah sekali membaca dan mereview novel Kirana Kejora, berjudul Ayah Menyayangi Tanpa Akhir yang diposting di sini dan akhirnya mengantarkan saya menjadi host blog tour untuk pertama kali, sekali-kali dong jadi host, bukan peserta mulu. Ya, oke. Teruntuk Mbak Kirana, selamat atas novel Senja di Langit Ceko. Terimakasih atas kepercayaanya, Mbak Delisa, mewujudkan keinginan saya menjadi host dalam postingan ini. Terimakasih Almira Management atas buntelannya, dan yang terakhir terimakasih Dinda, sahabat saya yang telah meminjamkan novel AMTA.

                Yang menarik adalah, Senja di Langit Ceko rampung pada 31 Maret 2016, dimana hari itu bertepatan dengan ulang tahun saya? Kebetulan? Who knows? Novel ini telah melalui proses yang sangat panjang, saya rasa. Novel ini mengingatkan saya dengan novel AMTA, dimana saya bertemu lagi dengan kekhasan Jawa dan tentang Elang. Well, saya nggak heran karena tertulis berdasarkan kisah nyata, entah diambil berapa persen, namun beberapa penulis memang bisa mengolah dari nyata ke fiksi, menembus kedua-duanya.


                Pada halaman-halaman pertama masih disuguhkan puzzle-puzzle acak, ini siapa, bagaimana dan apa lalu semakin menjelas pada bab-bab selanjutnya. Semua kata-katanya begitu sastra, saling melempar prosa dari lembar ke lembar. Naik, turun kemudian melembut dengan jeda yang lumayan lama kemudian kembali naik dan turun. 

“Sau, aku seorang apa dan kini aku jadi apa...akademis hanya formalitas menyenangkan orang tua...prestige semata...seniman tak pernah dianggap ada...aku insinyur pengangguran yang jadi seniman tanpa alamat kantor...karena kantorku nomaden...kemana hati mau menuju...di situlah!

                Saya diajak jalan-jalan tanpa harus bergerak dan keluar ongkos, emosi saya diaduk-aduk, tak terduga-duga,  novel menunjukan wawasan luas sang penulis melalui tokoh dan setting meskipun beberapa kejadian dapat saya tebak, seperti pasti si Anu ada hubungannya nih sama si Anu, pasti endingnya Anu sama si Anu. Penasaran kan? Masa saya sebutin, spoiler dong ya. Ngutip aja udah sebagian dari spoiler.

                Namun saya masih terganggu dengan typo nih, seperti nara sumber, tebearan pada halaman 15, berhati-heti di hal 62, Senaj di hal 77, Daniel Crage, Luamayan di hal 42, penggunaan huruf kapital pada seperti Seorang pada hal 21, kurangnya penempatan koma pada beberapa kalimat. Perlu diperhatikan lagi saya rasa agar pembaca tak terganggu dalam aliran cerita. 

                Meskipun masuk genre romance, hal yang saya suka dari novel ini adalah sederhana, dewasa, nggak berlebihan. Bab yang paling saya sukai yang berjudul Pertemuan Empat Mata, saling berbagi, renyah, dan mendebarkan. Novel ini mengajarkan agar bangkit dan tak terpuruk, mengajarkan juga bahwa, cinta adalah bagaimana kita bisa mencintai kekurangan dan menjadikannya suatu kelebihan.


                Lah kenapa bahasa saya jadi ikut-ikutan kaku seperti Sau? Hehehe. Jadi, ada satu eks Senja di Langit Ceko nih buat readers, saya ingin novel ini tersebar luas dan dinikmati banyak kalangan. Biar bisa berbagi tentang novel ini juga, seperti, bagian kesukaan kamu, yang mana? Baik, mulai aja nih, syarat dan ketentuannya, ya:

1. Peserta berdomisili di Indonesia.

2. Tidak jomblo, eh maaf, saya memang suka bercanda. Apapaan ini. Kalo kata Senja : Nggak lucu! Baik, syarat nomor dua, follow akun twitter @umimarfa dan @kiranakejora. Follow juga blog ini via GFC.

3. Share postingan ini, format bebas sekreatif mungkin, jangan lupa mention @umimarfa dan hashtag #GASDLC.

4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar beserta nama, domisili, link share, akun twitter dan email.

“Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?”

5. Giveaway berlangsung dari 16 sampai 19 Mei, pengumuman tanggal 20 Mei. Jika ada yang ditanyakan, bolah coret-coret di kolom komentar atau mention saya. Selamat menjawab!
***

PENGUMUMAN PEMENANG
              Halo, sesuai jadwal ya pengumuman di tanggal 20, terimakasih atas partisipasi dan keantusiasan peserta atas terbitnya novel Senja di Langit Ceko. Bingung juga nih milih pemenang, dan peserta yang berhasil mendapatkan novel ini yang juga memenuhi persyaratan adalah:

Rohimah Muthmainnah
@Ina_ELFINA10

              Selamat dan semoga kelak novel ini juga akan menjadi pengingat tujuan ke tempat yang dituju, semoga juga bisa terkabul, begitu juga dengan harapan peserta lainnya.  Silahkan kirim data diri (nama, alamat lengkap, no HP) ke umi(dot)marfa(at)gmail(dot)com. Jika dalam waktu 1x24 jam belum mengirimkan data maka akan digeser ke peserta lain ya. Untuk yang belum beruntung, tenang, masih ada blogtour Senja di Langit Ceko di blog-blog yang tertera di banner. Selamat mengikuti. Terimakasih dan salam sukses semuanya!^^

No comments:

Post a Comment